Jaga kesehatan sebelum berangkat dan selama perjalanan. Membiasakan berlatih berjalan kaki dan mengkomsumsi makan sehat berapa bulan sebelum menunaikan Ibadah Umroh dan Haji dan pada saat berkunjungan ke Mesjid Al Aqso akan membantu jamaah untuk tetap bugar dan bersemangat selama perjalanan.
Jamaah mungkin perlu membawa penyumbat telinga, penutup mata, dan bantalan leher agar bisa tidur dengan nyaman selama di pesawat. Suara orang mengobrol, suara pemberitahuan pesawat, bunyi mesin pesawat, dan lampu bisa membuat jamaah sulit tidur dalam penerbangan yang panjang.

Perbanyak minum air putih selama di pesawat, hindari kopi untuk menghindari dehidrasi. Sebaiknya membawa jaket bertutup kepala yang bisa melindungi kepala dari terpaan angin dari AC di cabin pesawat.
Bawa Al Qur’an dan buku doa yang bisa membantu untuk melewati waktu selama perjalanan. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Tiga jenis do’a yang dikabulkan dan tidak diragukan lagi, (yaitu) do’a orang yang dizhalimi, do’a orang yang bepergian dan orang tua (ayah) yang mendo’akan (kejelekan) atas anaknya.”
Jangan sungkan meminta tolong pramugari/pramugara bila membutuhkan bantuan untuk ke kamar kecil. Hindari hal-hal yang membuat jamaah lain menjadi kurang nyaman untuk menggunakan kamar kecil yang telah kita gunakan.

Nutrisi:

  • Perbanyak minum banyak air di musim panas.
  • Bisa membawa makanan ringan bagi yang membutuhkan disaat menunggu di bandara.
  • Makanan di pesawat atau di negeri orang kadang kurang cocok dengan selera makan kita namun makanlah apa yang dibutuhkan oleh tubuh kita.
  • Jika perlu bawa obat-obatan dan multi vitamin.

Ingin pergi umroh? Hubungi Al Safa Tour & Travel

Paket Umroh & Haji