Bersimpati dengan Sesama Jamaah Umroh dan Haji

  • Jaga hablul minallah dan hablul minanas. Akhlak yang mulia senantiasa dibutuhkan dalam perjalanan Ibadah ini.
  • Siapkan diri untuk dapat membantu sesama jemaah dan bersedekalah bila memungkinkan.
  • Cobalah menyapa jamaah dari negara lain sebanyak mungkin. Umroh dan khususnya Haji adalah pertemuan terbesar umat Islam.
  • Jika melihat banyak orang membuat barisan untuk shalat di luar Masjid, coba untuk pergi menjauh dan mencoba masuk kedalam masjid, karena kadang masih ada ruangan di dalam masjid kecuali sudah dekat waktu sholat. Pastikan bahwa dikala mencari tempat untuk sholat atau duduk kita tidak mengganggu jamaah lainnya di dalam masjid yang sudah menempati tempatnya.
  • Persiapkan diri untuk sholat Jumát dan masuklah ke Mesjid sekitar jam 10:00 pagi. Pada hari Jum’at kondisi Masjid Nabawi dan Masjidil Haram akan sangat penuh.
  • Air Zamzam tersedia di banyak tempat di dalam masjid; tidak perlu berjuang untuk menuju lokasi air Zamzam terdekat yang penuh sesak setelah melaksanakan Tawaf. Carilah tempat yang lebih leluasa untuk dapat berdoa dengan khusu sebelum minum air Zamzam.
  • Usahakan untuk selalu berada dalam kelompok. Pastikan kita memiliki tempat pertemuan tetap dimana semua orang tahu jika ada anggota kelompok yang mungkin tersesat.
  • Kita sedang bertamu kerumah Allah Jagalah kebersihan dan kerapian diri, buanglah sampah di tempat-tempat yang sudah tersedia.
  • Hotel tempat menginap biasa menyediakan kunci berupa kartu. Pastikan kartu kunci yang kita terima berfungsi dan menukarkannya di reception hotel bila perlu dihari yang sama.
  • Di hotel-hotel berbintang 4 dan 5, makanan tersedia berupa buffet/prasmanan. Tips berikut ini dapat membantu kita untuk senantiasa menjaga adab dan kenyamanan umum di pada waktu-waktu makan.

a) Mengelilingi meja-meja makanan terlebih dahulu untuk melihat jenis makanan yang disajikan agar dapat menentukan di awal jenis makanan yang akan kita ambil.
b) Mengantrilah dengan sabar
c) Jangan menyentuh makanan dengan jari.
d) Menggunakan lebih dari satu piring lebih baik daripada meletakkan semuanya dalam satu piring. Ambillah secukupnya. Kita sedang menjadi tamu Allah dan melakukan ibadah yang mulia, hindari hal-hal yang menyebabkan makanan yang kita ambil menjadi mubazir.
e) Jangan bersin dekat makanan, Bila sedang pilek atau batuk, gunakan masker di saat mengantri makanan.
f) Letakan serbet makan di kursi untuk memberi tahu bahwa anda akan kembali setelah mengambil makanan yang lain guna menghindari pelayan hotel mengambil piring yang masih berisi makanan yang belum dihabiskan.
g) Tanyakan pada pelayan apakah di ijinkan bila anda ingin membungkus makanan karena satu dan lain hal. Kebanyakan hotel menyediakan makanan di meja prasmanan untuk di makan di tempat dan melarang pengunjung untuk membungkus makanan-makanan tersebut.
 

Ingin pergi umroh? Hubungi Al Safa Tour & Travel

Paket Umroh & Haji